Dr. Arnis Rochma Harani, S.T., M.T adalah Dosen Fakultas Teknik Universitas Diponegoro dengan bidang keahlian Perancangan Arsitektur. Ia lulus S3 sebagai lulusan terbaik cumlaude dengan masa studi 2 tahun 10 bulan pada program Doktor Arsitektur Universitas Indonesia Tahun 2022, dan disertasi yang berjudul Mengungkap Interioritas Urban Melalui Penelusuran Mikro Pada Praktik Spasial Keseharian.

Tujuan penelitian ilmiahnya untuk menelusuri interioritas urban melalui praktik spasial keseharaian dalam konteks operasi dapur sebagai sistem urban. Menurutnya interioritas yang dipahami sebagai kualitas internal dapat hadir pada konteks urban sebagai suatu bentuk peleburan dari dualitas interior dan urban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di kampong Bustaman Semarang sebagai dapur urban.

β€œPenelitain ini mengeksplorasi bekerjanya ruang urban sebagai sistem interior melalui praktik spasial keseharian dan mencoba membangun pengetahuan perancangan ruang urban berbasis interioritas sebagai pendekatan dalam mendukung ruang urban yang transformatif dan berkelanjutan. Penelusuran dilakukan secara mikro pada praktik spasial keseharian kolektif untuk mengungkap aspek-aspek interioritas yang hadir pada operasi dapur urban di kampong tersebut” ungkap Dr. Arnis.

β€œTemuan dalam penelitian ini menunjukkan adanya sistem spasial urban berbasis interioritas yang meliputi dapur urban sebagai bentuk alternative sistem perkotaan, interiorisasi dan makeshift sebagai mekanisme pembentukan interior di ruang urban, serta keterhubungan antara sistem mikro dan makro sebagai pembentuk sistem ruang urban. Gagasan baru interioritas pada diskursus urban terefleksikan pada kemungkinan manuver pembacaan bolak-balik antara sistem mikro dan makro pada konteks perkotaan. Penelitian ini melengkapi teori perancangan urban dengan mengedepankan hubungan-hubungan mikro yang dapat membentuk sistem ruang urban yang makro. (Lin-Humas)

sumber : laman humas Undip