Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Berdasarkan survey tentang perkuliahan semester genap 2020 (awal pandemi) yang diberikan kepada mahasiswa S1. S2, S3 departemen arsitektur FT Universitas Diponegoro (lihat diagram 1) yang tingkat partisipasi mayoritas oleh mahasiswa S1 didapatkan bahwa perkuliahan pada semester genap ini yang menggunakan media tatap muka online (webex, msteam, zoom) adalah 65.2% dan masih terdapat 32.3% kelas yang tidak menggunakan fasilitas tatap muka online tersebut (diagram 2)

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: program studi. Jumlah jawaban: 115 jawaban.
diagram 1. partisipasi mahasiswa dalam survei

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: model interaksi daring yang digunakan. Jumlah jawaban: 115 jawaban.

diagram 2. model interaksi daring yang digunakan

dalam berkuliah dari mahasiswa dan dosen menggunakan internet rumah yang unlimited (39.1%) dan kuota internet HP (39.1%) , koneksi internet wifi dari instansi (16.5%). Hal ini menunjukan bahwa mahasiswa dan dosen masih sangat memerlukan bantuan paket kuota internet dari kementrian pendidikan dan kebudayaan (diagram 3).

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: koneksi internet yang sering digunakan untuk kuliah/kerja daring?. Jumlah jawaban: 115 jawaban.

diagram 3. Koneksi internet untuk kuliah/kerja daring

Pada periode awal Work/Study From Home ini terdapat proses adaptasi yang cukup besar terutama bagi para pengajar yang tidak siap secara teknologi internet. Terdapat beberapa kelebihan kuliah daring seperti tidak harus keluar rumah (sehingga tidak boros dan lebih terjaga kesehatannya) dan kelemahan seperti SSO yang sering bermasalah saat kuliah, Beberapa masukan dari mahasiswa maupun pengajar agar sering koordinasi yang tidak mendadak terkait perkuliahan dan kondisi tempat kuliah online yang tidak kondusif (ramai, listrik mati, koneksi hilang) memberlakukan formulir daring dan penyediaan waktu yang lebih longgar untuk pengumpulan tugas-ujian karena koneksi internet di tiap daerah berbeda.