Penjaminan Mutu

Dalam menghadapi tantangan persaingan lulusan secara global, Departemen Arsitektur FT UNDIP harus mampu meningkatkan daya saing di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu, Departemen Arsitektur FT UNDIP terus berupaya meningkat mutu, relevansi dan efisiensi layanan dengan mengembangkan sistem penjaminan mutu internal dalam suatu unit pelaksana bernama Gugus Penjaminan Mutu Arsitektur FT UNDIP. Sistem penjaminan mutu internal Departemen Arsitektur FT Undip merupakan proses yang berkesinambungan dalam penjaminan mutu di jurusan yang mengandung beberapa komponen kegiatan antara lain penentuan sasaran mutu, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, audit internal, rencana perbaikan, dan penentuan sasaran mutu baru. Secara skematis, siklus sistem penjaminan mutu internal di Departemen Arsitektur terskemakan dalam gambar berikut.

siklus spmi jurusan

Sistem penjaminan mutu internal (Internal Quality Assurance) Arsitektur FT UNDIP mengacu pada mekanisme SPMPT Dikti (permenristekdikti Nomor 62 Tahun 2016) dan siklus mekanisme ISO 9001:2015 tentang Quality Manajement System. Sistem penjaminan mutu internal meliputi tahap penetapan standar mutu yang mengacu pada SPMI tingkat universitas, manual mutu tingkat Fakultas dan sasaran mutu Arsitektur FT UNDIP; standar mutu serta program kerja Departemen Arsitektur FT UNDIP yang tertuang dalam Renstra; tahap evaluasi yang meliputi audit internal dan eksternal versi ISO 9001:2015 serta akreditasi BAN PT dan AUN, tahap pengendalian dan peningkatan standar yang diimplementasikan dalam tinjauan manajemen tingkat fakultas untuk mengevaluasi capaian kerja dan penetapan standar mutu berikutnya.

Bidang pendidikan dapat berupa evaluasi proses belajar mengajar oleh mahasiswa secara online (http://evaluasi.undip.ac.id/), evaluasi hasil pembelajaran dosen sebagai proses monitoring dan evaluasi kesesuaian antara Standar Kompetensi Mata Kuliah sebagai bagian Standar Kompetensi Lulusan dengan asesmen dan hasilnya sebagai bagian dari standar penilaian yang dilaksanakan secara on-line dengan alamat: https://sipma.undip.ac.id/ Bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat telah dilakukan monitoring dan evaluasi internal di tingkat universitas (http://sip3mu.lppm.undip.ac.id/)

Berikut adalah beberapa dokumen mutu yang ada di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro:

  1. Rencana Strategis Fakultas Teknik (Renstra)
  2. SPMI Satupadu
  3. Dokumen ISO 9001 : 2015
  4. Standar Operasional Prosedur (SOP)
  5. Rencana Operasional (Renop)
  6. Perjanjian Kinerja Ketua Departemen dengan Dekan
  7. Manual Mutu FT UNDIP 2019
  8. Manajemen Resiko

Berikut ini adalah dokumen mutu pada Departemen Arsitektur FT Undip (dalam proses)