Berdasarkan survey tentang perkuliahan semester 2021 yang diberikan kepada mahasiswa S1. S2, S3 departemen arsitektur FT Universitas Diponegoro (lihat diagram 1) yang tingkat partisipasi mayoritas oleh mahasiswa S1  didapatkan bahwa tingkat kepuasaan perkuliahan pada tengah semester genap ini 44.7% puas dan 42.6% sangat puas (diagram 2)

diagram 1. pengisi kuesioner

diagram 2. tingkat kepuasan mahasiswa terhadap perkuliahan (1: sangat tdak puas ~ 5:sangat puas)

 

Dalam keadaan pandemi covid 19, proses perkuliahan diharapkan untuk dilakukan secara daring melalui sosial media, maupun platform perkuliahan daring Undip (Kulon, MSTEAMS, CISCOWEBEX). Dari survei yang sama didapatkan tingkat kepuasan terhadap pelaksanaan kuliah daring dengan hasil 36.2% puas dan 36.2% sangat puas seperti yang terlihat pada diagram 3. Selama perkuliahan dalam jaringan tersebut ditemukan beberapa masalah berupa : 1. metode mengajar yang belum sesuai keinginan mahasiswa, 2. Dosen kurang responsif, 3. Materi yang tidak diberikan dengan baik, 4. Ketidak jelasan nilai semester, 5. pandemi menyatakan tidak ada permasalahan dalam perkuliahan daring (diagram 3)

diagram 3. tingkat kepuasan mahasiswa terhadap perkuliahan dalam jaringan (1: sangat tdak puas ~ 5:sangat puas)

diagram 4. permasalahan dalam belajar daring

masukan dari mahasiswa adalah : 1. Perlu penyediaan materi dan modul praktikum untuk pra-pasca kelas (untuk dipelajari di luar jam kelas); 2. perbaikan segera pada teknis SIAP Undip yang sering bermasalah; 3. Saran agar ada kelas hybrid (online dan offline), 4. Interaksi yang lebih baik dari dosen dan mahasiswa, 5. Perlu dipikirkan tentang alternatif pembelajaran selain yang sudah ada