Sarjana (S1)

VISI

Universitas Diponegoro Menjadi Universitas Riset Unggul

MISI

Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing.

Melakukan penelitian yang mengarah pada publikasi, Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), teks-
buku, kebijakan, dan teknologi yang dimanfaatkan secara efektif dan efisien untuk mempromosikan

budaya dan sumber daya lokal.

Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang mengarah pada publikasi, Hak Kekayaan Intelektual
(IPR), buku teks, kebijakan, dan teknologi yang dimanfaatkan secara efektif dan efisien untuk

mempromosikan sumber daya budaya dan lokal.

Mengembangkan profesionalisme, kapabilitas, dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan
universitas serta kemandirian institusi untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi.


 

Merujuk pada visi dan misi menjadi Departemen Arsitektur Unggulan bertaraf Internasional berdasarkan penelitian tahun 2024, maka Tujuan Pendidikan Program S1 Arsitektur adalah menciptakan:

1. Lulusan yang mampu merancang secara komprehensif dengan mempertimbangkan: sistem dan hubungan antara masyarakat dengan kearifan lokal dan warisan, masyarakat dan desain untuk semua (inclusive design), manusia, lingkungan, dan keberlanjutan (arsitektur hijau), dan pariwisata.

2. Lulusan yang mematuhi standar etika desainer arsitektur yang mengacu pada penelitian tentang kearifan lokal dan warisan, desain inklusif, arsitektur hijau dan pariwisata.

Capaian Pembelajaran yang menjadi sasaran mencakup Capaian Pemelajaran generik dan Spesifik. Capaian Pembelajaran (PLO/Program Learning Outcome) tersebut merupakan dasar untuk mengembangkan sistem pendidikan untuk program sarjana di PRODI S1 ARSITEKTUR. Kompetensi generik mengacu pada ComPLETE yang diterapkan oleh universitas untuk semua mahasiswa. ComPLETE adalah singkatan dari:

GEN-01 COMmunicator, artinya lulusan yang mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan
GEN-02 Profesional, artinya bekerja berdasarkan prinsip, pengembangan berdasarkan prestasi dan menjunjung tinggi kode etik
GEN-03 Leader adalah lulusan yang adaptif, tanggap terhadap lingkungan, proaktif, motivator, dan mampu bekerja sama
GEN-04 Entrepreneur adalah lulusan yang memiliki etos kerja tinggi, kemampuan wirausaha, inovasi, kemandirian
GEN-05 Thinker artinya lulusan yang berpikir kritis, belajar sepanjang hayat, mampu menjadi peneliti
GEN-06 Pendidik, lulusan yang mampu menjadi agen perubahan

Program Studi S1 Arsitektur menetapkan 8 kompetensi khusus berdasarkan UIA (Union Internationale des Architect) dan IAI (Ikatan Arsitek Indonesia/Ikatan Arsitek Indonesia) yang dianggap sebagai Learning Outcomes program. Lebih khusus lagi, lulusan harus memiliki:

Kognitif (Pengetahuan)
PLO-01 Pengetahuan yang memadai tentang budaya, sejarah, teori arsitektur, dan ilmu manusia
PLO-02 Pengetahuan tentang seni rupa yang mempengaruhi kualitas desain arsitektur terkait dengan organisasi, bentuk, dan tatanan ruang
PLO-03 Pengetahuan yang memadai tentang iklim lokal dan desain arsitektur berkelanjutan
PLO-04 Pengetahuan dalam memahami desain struktural, konstruksi, dan masalah teknik yang terkait dengan desain bangunan. Psikomotorik
PLO-05 Kemampuan merancang dengan mempertimbangkan hubungan antara manusia, bangunan, dan lingkungan
PLO-06 Kemampuan untuk membuat laporan arsitektur sebagai dasar untuk proyek desain
PLO-07 Ketrampilan merancang bangunan mengenai faktor biaya, manajemen proyek dan peraturan bangunan
Kompetensi
PLO-08 Pengetahuan dalam memahami etika profesi dan peran arsitek dalam masyarakat

berikut ini daftar mata kuliah kurikulum 2017 S1 Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Kurikulum 2017 website

dengan menggunakan peta kurikulum pembelajaran (mata kuliah inti-mata kuliah pendukung, mata kuliah kompetensi lain dan mata kuliah pilihan) sebagai berikut

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tiap mata kuliah dalam Program Sarjana Arsitektur, file buku panduan, panduan tugas akhir, rubrik setiap mata kuliah, dan pameran tugas dapat diunduh pada tautan berikut.

Module Handbook
Rubrick of Assessment
Final Project Guideline
Virtual Exhibition
Course Syllabus (RPS)
Example of Credit Transfer System (CTS)
Example of Academic Calendar
Example of Evaluation Study
Minute of Meetings
Example of Examination
Questions Result of Written Examination
Example of Supplements of Internship Course
Example of Statistic of Teaching & Learning