Universitas Diponegoro (Undip) menggelar kegiatan Tarawih Keliling (Tarling) putaran terakhir di penghujung Ramadhan pada Senin (17/04) bertempat di Hall Gedung SA-MWA kampus Undip Tembalang. Majelis Wali Amanat (MWA) dan PT Undip Maju berkesempatan menjadi Shohibul Bait pada kegiatan Tarling putaran terakhir yang digelar pada bulan Ramadhan.

“Alhamdulillah kegiatan tarawih keliling pada malam hari ini dapat diselenggarakan dengan khusyuk dan lancar. Pada Tarling kali ini, Prof. Djamaluddin akan menyampaikan ceramah dengan tema Taqwa dan Makanan Halal,” ucap Prof. Drs. Mohamad Nasir, M.Si., Akt., Ph.D. selaku Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Undip pada sambutannya sebagai Shohibul Bait.

Pada kesempatannya, Prof. Dr. Djamaluddin Darwis, M.A. selaku Imam dan Khotib menyampaikan ceramah yang berjudul “Taqwa dan Makanan Halal”. Beliau mengungkapkan bahwa ibadah dalam Islam merupakan salah satu bentuk ketaqwaan manusia dan ibadah puasa merupakan implementasi proses membentuk pribadi yang taqwa.

Selain itu, asupan yang halal akan mendapatkan ridha Allah SWT dan dapat menuntun ke surga. “Semua asupan yang masuk ke dalam tubuh menjadi bersih secara syar’i dan materi. Ibadah menjadi lebih khusyuk dan berdampak pada hidup yang berkah serta mengalirnya berbagai kebaikan,” tutur Prof. Djamaluddin.

“Hidup itu suatu keyakinan dan perjalanan. Kita jalani dengan penuh keyakinan pada Allah SWT sesuai dengan peta hidup yang Allah berikan kepada seluruh hamba-Nya. Kita perlu menyikapi dengan menjaga akidah keyakinan hidup sebagai spiritual energi, termasuk menjaga asupan yang menjadi energi biologis kita. Kita sikapi perjalanan hidup ini dengan selalu menjalani, menikmati, dan mensyukuri,” pungkasnya.

sumber :  laman Undip