Berdasarkan Pengumuman No. 143/UN7.A1/AK/2024 tentang Penetapan Pelaksanaan Registrasi Administratif Mahasiswa Universitas Diponegoro Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024, berikut adalah tata cara registrasi administratif bagi Mahasiswa Lama untuk Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024.
- Pembayaran biaya pendidikan berlangsung mulai tanggal 2 Januari sampai 3 Februari 2024
- Pembayaran biaya pendidikan dapat dilakukan melalui :
- Bank BTN
- Pembayaran melalui teller bank
- Pembayaran dapat dilakukan dengan menyebutkan Nama Universitas dan NIM
- Pembayaran melalui ATM BTN
- Pilih Transaksi Lainnya
- Pilih Pembayaran
- Pilih Multipayment
- Pilih Pendidikan
- Masukkan kode Undip 0004006, tekan Benar
- Masukkan NIM, tekan Benar
- Pembayaran melalui Mobile Banking BTN
- Pilih Pembayaran
- Pilih Pendidikan
- Di bagian Institusi, pilih Universitas Diponegoro
- Di bagian Tipe Pembayaran, pilih SPP
- Masukkan NIM
- Pembayaran melalui teller bank
- Bank BRI
- Pembayaran melalui teller bank
- Pembayaran dapat dilakukan dengan menyebutkan Nama Universitas dan NIM
- Pembayaran melalui ATM BRI
- Pilih Pembayaran
- Pilih Pendidikan
- Pilih SPP
- Cek kode Universitas Diponegoro 006
- Ketik kode Universitas dan NIM
- Cek informasi tagihan
- Pilih Ya untuk melanjutkan
- Pembayaran melalui Internet Banking BRI
- Pilih Pembayaran
- Pilih Pendidikan
- Pilih rekening sumber
- Pilih universitas UNDIP
- Masukkan NIM/tagihan
- Kirim
- Pembayaran melalui teller bank
- Bank BNI 46
- Pembayaran melalui teller bank
- Pembayaran dapat dilakukan dengan menyebutkan Nama Universitas dan NIM
- Pembayaran melalui ATM BNI
- Pilih Pembayaran
- Pilih Universitas
- Pilih Student Payment Center
- Masukkan kode Lembaga Pendidikan (Universitas Diponegoro) dan NIM
- Untuk melakukan pembayaran tekan YA
- Transaksi selesai
- Pembayaran melalui BNI Mobile Banking (dengan sumber Dana dari Tabungan)
- Pada tampilan menu utama, pilih Pembayaran
- Pilih Biaya Pendidikan
- Pada Layanan Biaya Pendidikan, pilih Pembayaran
- Pada Sumber Dana, pilih Tabungan/Giro
- Pilih No. Rekening yang akan digunakan
- Pilih Perguruan Tinggi dan masukkan NIM, lalu tekan Lanjut
- Layar validasi akan muncul, masukkan Password Transaksi. Jika tagihan sudah sesuai, klik Lanjut
- Transaksi selesai
- Pembayaran melalui BNI Internet Banking
- Buka www.bni.co.id
- Pilih Internet Banking Personal, kemudian masukkan User ID dan Password
- Pilh menu Transaksi
- Pilih Pembelian/Pembayaran
- Pilih Pembayaran Tagihan
- Pilih Biaya Pendidikan
- Isi data sebagai berikut:
- Pilih jenis layanan dari dropdown Tipe Layanan
- Pilih nama perguruan tinggi dari dropdown Perguruan Tinggi
- Masukkan nomor tagihan yang didapat ke kolom Nomor Tagihan
- Pilih nomor rekening yang digunakan sebagai nomor rekening yang akan didebet
- Klik Lanjutkan
- Di laman Konfirmasi, masukkan delapan digit nomor yang muncul ke BNI e-Secure
- Masukkan Nomor Respon dari BNI e-Secure pada aplikasi BNI Internet Banking, lalu klik Bayar
- Pembayaran melalui teller bank
- Bank Mandiri
- Pembayaran melalui teller bank
- Pembayaran dapat dilakukan dengan menyebutkan Nama Universitas dan NIM
- Pembayaran melalui ATM Bank Mandiri
- Pilih menu Bayar/Beli
- Pilih Pendidikan
- Masukkan kode Undip 10004, kemudian tekan Benar
- Masukkan NIM
- Layar akan menampilkan jumlah yang akan dibayar. Klik 1 untuk melakukan pembayaran
- Untuk melakukan pembayaran tekan YA
- Transaksi selesai
- Pembayaran melalui Livin by Bank Mandiri
- Masuk ke aplikasi Livin by Mandiri menggunakan kata sandi Anda
- Pilih menu Bayar
- Pilih Pendidikan
- Pada kolom Penyedia Jasa, pilih Universitas Diponegoro-10004
- Pada kolom NIM, isi dengan NIM
- Pada kolom Dari Rekening, pilih rekening yang akan digunakan
- Klik Lanjutkan
- Jika data sudah sesuai, klik Lanjutkan
- Masukkan PIN Mandiri 6 digit untuk transaksi
- Transaksi selesai
- Pembayaran melalui teller bank
- Bank Jateng
- Pembayaran melalui teller bank
- Pembayaran dapat dilakukan dengan menyebutkan Nama Universitas dan NIM
- Pembayaran melalui ATM Bank Jateng
- Pilih Pembayaran
- Pilih Universitas
- Pilih Nomor Induk
- Masukkan kode Edukasi 072
- Masukkan NIM
- Pilih Bayar Tagihan No 1 atau Bayar Semua Tagihan
- Pilih Tabungan/Giro
- Pembayaran melalui Internet Banking
- Pilih Pembayaran
- Pilih Pendidikan
- Pilih Penyedia Jasa “Universitas Diponegoro“
- Masukkan NIM
- Masukkan PIN (SMS)
- Klik Proses
- Pembayaran melalui Laku Pandai Bank Jateng
- Pilih Pembayaran
- Pilih Pendidikan
- Pilih Penyedia Jasa “Universitas Diponegoro“
- Masukkan NIM
- Keluar tagihan, lalu masukkan PIN
- Klik Proses
- Pembayaran melalui Fasilitas Pembayaran Bank Lain
- Pilih Transfer
- Pilih Bank Tujuan Bank Jateng (Kode Bank 113)
- Masukkan rekening tujuan dengan format berikut
44072+NIM/VA/ID NIM - Masukkan Nominal Tagihan
- Klik Bayar
- Pembayaran melalui teller bank
- Bank Syariah Indonesia (BSI)
- Pembayaran melalui teller bank
- Pada Slip Bayar Tagihan, tuliskan Nama, Kode Akademik (2675)+NIM, dan Jenis Tagihan. Jika sudah, tanda tangani
- Berikan Slip Bayar Tagihan yang sudah diisi dan ditandatangani ke petugas teller untuk dikonfirmasi
- Jika sudah dikonfirmasi, silakan bayar dan selesai
- Pembayaran melalui ATM BSI
- Pilih Payment/Pembayaran
- Pilih Akademik
- Masukkan Kode Akademik (2675)+NIM
- Pilih Benar/Selanjutnya
- Informasi data transaksi akan muncul. Pastikan bahwa data sudah benar
- Pilh Benar/Ya
- Pembayaran melalui BSI Mobile dan BSI NET Banking
- Pilih Pembayaran/Payment
- Pilih Akademik
- Masukkan Kode Akademik (2675)/Nama Akademik (Universitas Diponegoro)
- Masukkan NIM
- Informasi data transaksi akan muncul. Pastikan bahwa data sudah benar
- Masukkan PIN dan pilih Selanjutnya
- Transaksi selesai
- Pembayaran melalui teller bank
- Bank BTN
- Heregistrasi berlangsung dari tanggal 3 Januari – 4 Februari 2024 dan Pengisian IRS berlangsung dari tanggal 4 Januari – 5 Februari 2024. Proses Heregistrasi dan Pengisian IRS dilakukan secara daring melalui sso.undip.ac.id
- Mahasiswa yang mengikuti program Double Degree, Joint Degree, maupun Student Exchange yang mendapatkan penyesuaian biaya pendidikan berdasarkan Keputusan Rektor tetap wajib melakukan beberapa hal berikut:
- Memastikan penyesuaian biaya pendidikan sudah diproses oleh Bagian Keuangan BUK;
- Melakukan heregistrasi melalui akun SSO agar tetap berstatus aktif;
- Melakukan pengisian IRS dengan mata kuliah yang akan dijadikan mata kuliah konversi
- Mahasiswa yang mangkir pada semester genap Tahun Akademik 2022/2023 dan ingin aktif kembali pada semester gasal Tahun Akademik 2023/2024 wajib menyerahkan Surat Izin Mengikuti Kuliah Kembali dari Dekan Fakultas/Sekolah ke Bagian Keuangan BUK atau mengirimkan scan surat ke surel ukt.undip@gmail.com selambat-lambatnya tanggal 3 Februari 2024.
- Berdasarkan Peraturan Akademik Bidang Pendidikan Universitas Diponegoro, mahasiswa yang mangkir selama 2 semester berturut-turut dan atau 4 semester secara tidak berurutan dinyatakan kehilanagn statusnya sebagai mahasiswa sehingga dapat diusulkan pemutusan hubungan studi oleh Fakultas/Sekolah terkait.
- Mahasiswa yang memerlukan penggantian bukti pembayaran biaya pendidikan dapat dilayani di Bagian Keuangan BUK
- Mahasiswa yang terlambat membayar biaya pendidikan tidak diberikan toleransi perpanjangan waktu pembayaran.
- Awal kuliah semester genap Tahun Akademik 2023/2024 dimulai pada tanggal 12 Februari 2024.
Pengumuman No. 143/UN7.A1/AK/2024 bisa diunduh di sini
sumber : laman FT